Menjadi dewasa sebegitu sulitkah ?

Menjadi Dewasa sebagai pilihan yang sulitkah?

Pada dasarnya kita, manusia melewati fase kehidupan yang nyaris sama, meski kadarnya berbeda. Pernah merasakan susah, pernah pula merasakan senang. Pernah dihujani tawa ceria, lalu dikuyup derita nestapa. Semua pasti silih berganti datang pada diri setiap orang, tapi bagian paling berbeda adalah, bagaimana kamu melihatnya? Bagaimana kamu menolong dirimu di fase-fase itu? Apa saja cara mu melewati dan menghadapi fase-fase yang kadang mengerikan itu ? 

Ada yang berpendapat, merasa abu-abu itu wajar, merasa berat akan hidup itu wajar. Kendati pun demikian, ada yang sering menyayangkan karena perasaan-perasaan yang timbul saat melewati fase-fase itu bermuara pada membenci diri sendiri. Membenci diri sendiri yang tidak bisa mengerti, walaupun selalu menanamkan pada benaknya beribu kali bahwa walaupun sebegitu pedihnya, pasti kan bisa dilewati dan pasti bisa mengalahkannya. Akan tetapi selalu saja kalah dan membiarkan dirinya mengalir mengikuti alur waktu.

Photo by Drew Graham on Unsplash

Mereka yang dulunya membayangkan indahnya kehidupan di alam dewasa ternyata tidak menyenangkan. Prioritas dalam hidup berubah. Waktu terasa semakin sempit dari hari ke hari dan akan semakin selektif dari begitu banyak pilihan.Mulai mempelajari pemahaman masing-masing individu yang berbeda dan berubah, dan mulai muncul perbedaan-perbedaan sudut pandang pada banyak sekali hal tentang hidup dan kehidupan. 

Kita sering mendengarkan ungkapan bahwa tua itu pasti, dan menjadi dewasa adalah pilihan. pada suatu hari nanti, akan benar benar lepas seorang diri. Menjadi dewasa itu artinya harus berani, padahal di tahap ini, menjadi seseorang yang sendirian bukanlah sesuatu yang mudah apalagi menjadi hal diinginkan. Diinginkan oleh diri sendiri dan diinginkan oleh orang lain.

Menjadi dewasa itu berarti harus mampu memutuskan mana yang harus didahulukan, mana yang boleh menjadi pilihan. Tetap harus bisa memutuskan mana yang menjadi prioritas.

Mereka berkata, jangan pernah takut menjadi dewasa meski kadang kata dewasa itu menjadi kata yang memiliki pemahaman berbeda bagi setiap orang. jadilah diri sendiri saja. Kedewasaan akan tiba kepada mereka yang tahu caranya menempatkan diri kapan saja, dan dimana saja ia berada, seperti itukah ?

Dengarkan di Spotify atau simak di Google Podcast

Bagikan ke WhatsApp

1 comment:

  1. AJOQQ agen jud! poker online terpecaya dan teraman di indonesia :)
    gampang menangnya dan banyak bonusnya :)
    ayo segera bergabung bersama kami hanya di AJOQQ :)
    WA;+855969190856

    ReplyDelete

Selamat datang di Blog Saya, silakan beri komentar Anda di artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai isi artikel. Terima Kasih.

Artikel Populer