Apakah yang dimaksud Generasi Millenial dan Gen Z? apa perbedaannya?

Perbedaan Kaum Millenial dan Gen Z

Mungkin kamu dah sering mendengarkan istilah Kaum Millenial, Generasi Z atau Gen Z, tapi mungkin kamu sebenarnya tak terlalu paham dan mengerti apa yang dimaksud dengan istilah tersebut, yekan ? dah..ngaku aja..hehehe

Gini… masih banyak orang yang salah mengartikan Generasi Millennial itu dengan generasi remaja, padahal sebenarnya kategori remaja itu adalah mereka yang berumur antara 10 sampai 24 tahun…, eits jangan protes dulu, tadinya klasifikasi remaja itu 14 sampai 18 tahun tetapi dikarenakan perubahan yang kian global yang memaksa usia psikologis manusia berubah, maka kategori remaja itupun rentang usianya berubah.

Orang sering mengasumsikan atau berpendapat istilah Generasi Millenial itu berdasarkan usia padahal istilah ini merujuk pada rentang tahun kelahiran bukan umur atau usia.

Mereka yang disebut Generasi Millennial atau Generasi Y itu adalah mereka yang lahir antara tahun 1981 sampai 1994, sedangkan Generasi Z adalah mereka yang lahir antara tahun 1995 sampai 2010, berarti mereka yang disebut Gen Z itu adalah mereka yang berusia antara 5 sampai 25 tahun saat ini, tahun 2020.

Generasi Millennial yang sebelumnya diidentikkan sebagai generasi anak muda kini sudah memasuki fase dewasa atau dewasa muda dengan pola pikir yang bisa jadi sudah berbeda jauh dengan ketika mereka masih remaja, namun mereka tetap dianggap sebagai bagian dari Generasi Millennial.

Jadi yang harus diingat dari sebuah generasi adalah tahun kelahirannya, bukan fase hidup mereka saat ini.

Sekarang dah paham kan bedanya…jangan salah lagi ya ?!

Oh iya… Gen X yaitu generasi yang lahir sebelum Gen Y mereka itu rentang tahun kelahirannya antara tahun 1965 sampai 1980, dan mereka yang lahir antara tahun 2011 sampai 2024 kelak, istilah untuk mereka adalah Generasi Alpha.

Banyak beda antara Gen Z dan Kaum Millennial, diantaranya dilihat dari banyaknya pemimpin, baik itu pimpinan negara maupun pimpinan perusahaan, di bidang itu para Generasi X masih mendominasi.

Sementara itu Generasi Y masih menggeliat, mencari kemapanan dalam bidang pekerjaan maupun pribadi, tidak dipungkiri beberapa sudah menjadi pimpinan sebuah perusahaan sejak usia muda.

Generasi Z yang merupakan keturunan dari Generasi X sekarang ini merupakan anak-anak muda yang rata-rata masih mencari jati diri, memiliki sikap realistis dibandingkan Generasi Millenial yang sangat idealis,.

Beberapa di antaranya sudah mempunyai penghasilan sendiri yang cukup besar terutama dari bidang seni, hal ini lebih dimungkinkan lagi karena mereka selalu terhubung dengan internet dimana segala sesuatunya bisa tersebar dengan cepat, sehingga keinginan untuk mengeksplorasi kemampuan diri makin kuat dan langsung seketika itu juga bisa diapresiasi masyarakat dunia, walaupun tidak sedikit pula yang bersifat negatif.

Dengarkan di Spotify atau Simak di Google Podcast

Bagikan ke WhatsApp

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di Blog Saya, silakan beri komentar Anda di artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai isi artikel. Terima Kasih.

Artikel Populer