BEDA RAM dan ROM

Sebelum kita memutuskan untuk membeli salah satu perangkat komputasi seperti computer, laptop, dan smartphone pastilah kita dijelaskan tentang RAM dan ROMnya sebagai salah satu keunggulan dalam spesifikasinya.

Bagi beberapa orang mungkin kurang dapat membedakan dan memahamai apa itu RAM dan apa itu ROM, disini kita akan membahasnya secara umum dan ringan saja.

RAM dan ROM adalah jenis memori yang digunakan dalam perangkat-perangkat bersistem, yaitu perangkat yang dapat melakukan proses komputasi, seperti komputer dan ponsel. 

Lalu memori manakah yang paling penting?

Kedua memori ini sama-sama penting, karena memiliki fungsi dan kemampuan yang berbeda dalam membantu perangkat bekerja. Perangkat bersistem, seperti ponsel pintar atau smartphone yang sedang menjadi unggulan di pasar teknologi informasi, hanya dapat bekerja jika memiliki kedua memori tersebut.

RAM memiliki fungsi untuk membaca, menulis data, serta menjalankan aplikasi dengan cepat. Sedangkan ROM memiliki fungsi untuk menyimpan program pada saat awal mengunduh atau mendownload aplikasi dan hanya bisa membaca tanpa bisa mengubah.

Selain itu RAM juga bertujuan untuk mempercepat kinerja dari computer. Itu sebabnya tidak sedikit dari kita yang menjadikan RAM sebagai faktor utama sebelum membeli computer atau laptop, semakin besar RAM yang digunakan, maka semakin cepat pula kinerja laptop atau computer yang kita beli.  

Namun sebaliknya kalau computer menggunakan RAM yang kecil, maka  penggunaan aplikasi atau programnya akan lebih terbatas.

RAM atau Random Access Memory / Memori akses acak  adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.  Dengan kata lain program yang sedang berjalan nantinya akan disimpan dalam RAM, yang kemudian akan diteruskan menuju CPU untuk diproses.

Data yang terdapat dalam RAM terus berubah-ubah berdasarkan aplikasi yang sedang dijalankan pada perangkat dan data tersebut akan hilang jika daya listrik tidak ada.
ROM atau Read Only Memory, yang berarti memori yang hanya dapat dibaca oleh perangkat komputer atau ponsel.

Seperti namanya, memori perangkat jenis ini merupakan memori permanen, dimana kita tidak dapat menulis data dengan mudah di dalamnya, namun dapat membacanya dengan mudah.

Memori permanen ini juga mampu menyimpan data yang lebih lama, karena data-data yang tersimpan dalam ROM tidak akan hilang meskipun perangkat tidak dialiri daya listrik. Dengan kemampuan ini, ROM biasanya digunakan untuk menyimpan firmware atau BIOS.

Atau dengan kata lain ROM adalah sebuah hardware/ system operasi yang menyimpan data-data pendukung suatu aplikasi dalam suatu folder sehingga aplikasi tersebut bisa digunakan.

Oh iya, biasanya RAM lebih besar daripada ROM

~Dari berbagai sumber~

Bagikan ke WhatsApp

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di Blog Saya, silakan beri komentar Anda di artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai isi artikel. Terima Kasih.

Artikel Populer