PALA SEBAGAI CARA AMPUH ATASI INSOMNIA

Kita sudah mengenal pala sebagai bahan bumbu dapur dan rempah dalam berbagai masakan di seluruh dunia., ternyata pala yang memiliki nama ilmiah Myristica fragrans ini sangat ampuh untuk mengatasi sulit tidur atau insomnia, Biji pala adalah biji dari tanaman pala yang banyak terdapat di wilayah-wilayah tropis di seluruh dunia.

Meskipun ukurannya kecil, tetapi kandungan nutrisi di dalamnya sangat menakjubkan dan memungkinkan berlimpahnya manfaat biji pala bagi kesehatan maupun kecantikan.


Biji pala mengandung beragam zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh di dalamnya antara lain adalah potasium, zat besi, mangan, tiamin, folat, magnesium, tembaga, dan vitamin termasuk B1, B6, dan lainnya.

Biji pala juga kaya akan kandungan karminatif, stimulan, antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, antispasmodik, psikoaktif, dan afrodisiak.

Rempah ini biasa tersedia dalam bentuk utuh atau sudah dijadikan bubuk untuk keperluan masak, juga dalam bentuk minyak esensial untuk beragam kegunaan.

Kalau Anda sulit tidur malam, ada manfaat pala untuk membuat Anda tidur lebih nyenyak. Kemampuan menenangkan yang dipunyainya berfungsi sebagai obat tidur alami.
Selain itu, rempah ini kaya akan magnesium yang membantu mengurangi tegang pada saraf. Magnesium juga merangsang pelepasan serotonin, sehingga menciptakan perasaan rileks atau tenang.

Berikut beberapa cara yang dapat diterapkan dalam mengkonsumsinya sebagai untuk membuat anda segera terlelap, diantaranya :

1. Susu + Pala
Minumlah segelas susu hangat yang sudah dicampur sejumput bubuk pala setiap sebelum tidur. Susu mengandung tryptophan, asam amino esensial yang membantu untuk meningkatkan tingkat serotonin dan melatonin dalam tubuh. Ini adalah kombinasi yang tepat untuk membuat anda tertidur pulas.

2. Susu + madu + Pala + gula batu
Campur 1 gelas susu segar, 1 sdt madu, 1 sdt pala halus dan ½ sdt gula batu.
Rebus susu sampai mendidih, angkat dan campur dengan pala, madu dan gula batu. Aduk, saring dan minum selagi hangat.

3. Pala + madu
Campurkan 1 sdt bubuk pala dengan satu sendok makan madu. Sebaiknya konsumsi ini setidaknya 15 menit sebelum tidur.

4. Pala + Air
Haluskan buah pala dan campurkan dengan semangkuk air. Setelah itu rebus hingga mendidih dan saring. Atau ambil satu atau dua biji pala kering. Kemudian giling dua biji pala tersebut. namun, Anda juga bisa menggunakan beberapa pala bubuk (kira-kira 1 sdt) yang tersedia banyak di pasaran. Tambahkan pala bubuk ke segelas air hangat. Tutup gelas berisi air yang telah dicampur pala selama 5 menit. Saring campuran air pala tersebut dan kemudian meminumnya.Konsumsi air rebusan pala ini (teh pala) setelah makan dan sebelum tidur.

5. Pala dalam makanan
Jika anda tak suka mengonsumsi teh pala atau susu pala, anda bisa menambahkan sedikit bubuk pala pada makanan favorit anda. Anda bisa menambahkan sejuput atau sedikit bubuk pala pada sup atau yogurt, atau santapan favorit anda yang lainnya.

Alternatif lainnya, campurkan 2 tetes minyak esensial pala dengan 2 sendok makan minyak zaitun dan pijatkan ke dahi sebelum tidur. Atau daging buahnya dimakan biasa sebagai manisan atau campuran es buah.

Perlu diingat juga, hanya membutuhkan porsi kecil untuk mendapatkan manfaat sebagai pemicu tidur nyenyak anda.

Para ahli hanya menyarankan satu gram pala sehari sebagai ukuran maksimal asupan pala perhari. mengonsumsi pala berlebihan memberikan efek samping bagi tubuh seperti mual, kecemasan, mulut kering dan rasa haus yang berlebihan.

Dari berbagai sumber :)


Bagikan ke WhatsApp

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di Blog Saya, silakan beri komentar Anda di artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai isi artikel. Terima Kasih.

Artikel Populer