PASANGAN

Episode 8 - Pasangan

Tantangan #30haribersuara

The Podcasters Indonesia

Pada dasarnya, apapun yang ada di dunia ini berpasang-pasangan, apa sih arti kata pasangan?

Arti kata pasangan dalam kamus besar Bahasa Indonesia adalah yang selalu dipakai bersama-sama sehingga menjadi sepasang. misalnya, sepasang sepatu

Arti lainnya dari pasangan adalah seorang perempuan bagi seorang laki-laki atau seekor binatang betina bagi seekor jantan atau sebaliknya. Misalnya sepasang penari dan sebagainya.

Perkara serasi atau tidak serasinya sepasang manusia memang suka muncul begitu saja di mata kita masing-masing. Keserasian sebuah pasangan pun kadang dinilai pantas menjadi tolok ukur kecepatan mereka menikah, padahal kenyataannya tidaklah seperti itu.

Pasangan serasi merupakan pasangan yang saling memahami tanpa banyak bicara. pasangan serasi mungkin tak butuh banyak bicara untuk tahu bahwa partnernya sedang dirundung masalah. Yang bisa mereka lakukan adalah menawarkan bahu satu sama lain sebagai tempat bersandar. Singkatnya, mereka paham betul apa yang dirasakan pasangannya hanya dengan sekali memandang ke dalam matanya.


Beberapa tanda-tanda pasangan serasi

  • Bisa saling memahami
Memiliki kestabilan dan kedewasaan emosi yang mirip membuat kamu dan dia akan terlihat serasi. Kamu dan pasangan bisa menyelesaikan masalahnya dengan kepala dingin sehingga gak kelihatan drama. Konflik itu pasti selalu ada, tapi ketika kalian bisa mengatasinya secara baik dan mandiri tanpa melibatkan orang lain.

  • Selalu kompak
Kompak disini bukan berarti kalian selalu mesti sama dalam penampilan seperti baju couple misalnya. Kekompakan di sini maksudnya adalah kalian bisa berkompromi dan menentukan satu keputusan yang dipatuhi dan diikuti bersama. Kalo kamu dan pasangan memiliki jalan pikiran serta pemahaman yang sama mengenai sesuatu hal, maka nggak sulit untuk menjadi pasangan yang kompak.

  • Saling melengkapi

Tanda lain bahwa kalian merupakan pasangan serasi adalah bisa saling melengkapi. Hubungan yang baik bukan karena selalu memiliki persamaan. Perbedaan antara dirimu dan pasangan bisa disatukan dengan saling berbagi peran. Misalnya ketika kamu sedang emosi dia bisa menenangkanmu dan tidak ikut larut dalam kemarahannya.

  • Punya wajah yang mirip

Meski bukan menjadi faktor utama, namun sebagian orang mempercayai bahwa memiliki wajah yang mirip adalah salah satu tanda kamu dan pasangan serasi atau berjodoh. Coba dilihat baik-baik, kamu dan dia punya wajah yang mirip nggak, nih? Tapi untuk kriteria yang ini, gak mesti sih.

  • Berkomunikasi secara efektif dan terukur

Nggak ada yang namanya salah paham atau saling curiga karena komunikasi antara kamu dan pasangan berjalan lancar. Ada atau tanpa informasi penting pun, kalian tetap menjaga komunikasi. Antara kamu dan dia pun juga punya Bahasa, candaan atau kode-kode sendiri di mana hanya kalian yang tau maksudnya.

  • Bebas berpendapat

Jika komunikasi telah berjalan dengan efektif, pastilah kamua dan pasangan memiliki hak yang sama untuk berpendapat terhadap banyak hal. Tentunya pendapat tersebut disampaikan dalam waktu dan cara yang tepat. Meski berbeda, setidaknya saling mengetahui cara pandang bisa memberikan pemahaman yang lebih tentang bagaimana karakter pasangannya.

  • Punya tujuan yang sama

Tanda pasangan serasi yang lain yaitu memiliki tujuan hidup dan visi misi yang sama, sehingga baik kamu maupun pasangan bisa sama-sama melakukan hal positif untuk mencapai tujuan tersebut. Nggak sedikit pasangan yang memilih berpisah karena nggak memiliki visi misi yang senada.

  • Saling mendukung

Pasangan yang menyenangkan adalah ketika dia bisa mendukung apa yang kamu lakukan,tentusaja untuk hal-hal yang bersifat positif.

  • Nggak bergantung pada pasangan

Nggak bergantung di sini artinya kamu bisa bersikap mandiri dan nggak menyusahkan pasangan. Begitu juga dengan dia.gak perlu menunggu persetujuan kamu sebelum melakukan hal yang ia inginkan.

Nah, itu tadi penjelasan serta tanda-tanda bahwa kamu adalah pasangan serasi. 

Pada akhirnya yang kau butuhkan dari pasangan bukanlah yang sepemikiran, sepaham, ataupun yang memiliki ketertarikan yang sama. Bukan itu.Tetapi ia yang dapat meredakan lelahmu, penatmu dan mampu melihat hal-hal yang kamu anggap rumit menjadi lebih sederhana.

Tetapi lepas dari itu semua hal yang paling menakutkan untuk sebuah hubungan adalah jenuh dan nyaman yang datang bersamaan….Iya ketika jenuh hadir di antara kamu dan pasanganmu lalu ada nyaman antara kamu dan pihak ketiga..Kata orang, pasangan kita adalah cerminan diri kita, semakin baik kita, semakin baik pula pasangannya.

Ingatlah selau, pasangan yang membersamai langkah kita hingga hari ini adalah pasangan terbaik dariNya. Dia memilihkan sesuai dengan apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan.

Dengarkan di Google Podcast atau simak di Spotify

Bagikan ke WhatsApp

1 comment:

Selamat datang di Blog Saya, silakan beri komentar Anda di artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai isi artikel. Terima Kasih.

Artikel Populer