Mengapa Jerapah Mempunyai Leher Panjang?

Sebab Jerapah Memiliki Leher Panjang

Kira-kira 5 juta tahun yang lalu hidup sekelompok hewan mirip kijang dengan leher panjang di padang rumput Afrika, yang 10 juta tahun kemudian, hewan yang mirip kijang tetapi berleher panjang itu telah berevolusi menjadi binatang yang sangat mirip dengan jerapah modern (Giraffa camelopardalis)

Orang Pernah mengira leher panjang jerapah memanjang karena mereka menjulurkannya untuk makan daun-daunan di puncak pohon tinggi.  Kemudian, atau begitulah kata cerita, mereka meneruskan perubahan ini kepada keturunan mereka.

Kini kita tahu bahwa perubahan pada hewan dan tumbuhan selama bergenerasi  atau berevolusi tidak terjadi seperti itu.  Pemikiran dan pendapat saat ini, yang dikembangkan oleh para ilmuwan seperti Charles darwin tahun 1800 an, adalah evolusi itu bekerja dalam dua langkah.  Pertama, ada variasi, dan kemudian, ada seleksi alam.

Variasi artinya kadang-kadang secara kebetulan, seekor hewan lahir dengan suatu perbedaan dari lainnya dalam spesiesnya.  Mungkin lebih berbulu. Atau mungkin kakinya berbentuk agak berbeda, dan ia dapat berlari lebih cepat. Atau ia mungkin luar biasa lambat. Variasi ini tidak selalu baik atau buruk. Itu hanya terjadi begitu saja di alam.

Tetapi katakanlah sendainya kamu punya sirip istimewa, yang menurut semua teman-teman ikanmu sangat aneh, Dan sebelumnya itu kelihatan tidak berguna, namun kini ternyata sirip ini dapat kamu gunakan untuk melompat ke dalam kolam sebelah.

Nah, Karena kamu yang selamat untuk menceritakan kisahnya, kamu mungkin punya anak-anak ikan sendiri. Mereka mewarisi siripmu yang tampak aneh tetapi berguna itu, dan mereka akan lebih cocok untuk hidup di daerah di mana kolamnya cenderung mengering. Dengan berlalunya generasi-generasi, akan lebih banyak ikan yang memiliki sirip aneh ini. disinilah variasi itu dan seleksi alam sedang bekerja.

Sesuatu seperti itu mungkin terjadi pada leluhur berleher pendek dari jerapah modern. Mereka yang secara kebetulan lahir dengan leher agak panjang dengan mudahnya mendapatkan makanan dari tanah terus sampai ke puncak pohon, dan mendapat lebih banyak keuntungan yang pasti untuk bertahan hidup, terutama saat makanan menjadi langka. Jadi setelah sekian generasi, jerapah berleher panjang menyisihkan yang berleher pendek.

Tetapi ada juga kerugian memiliki leher sangat panjang, jantung jerapah harus memompa sangat keras untuk mengalirkan darah ke otaknya yang jauh diatas, dan hewan dengan leher sangat panjang ini, biasanya tidak dapat berlari atau meloloskan diri dari bahaya secepat hewan berleher pendek. Jadi, bahkan adaptasi atau penyesuaian terbaik pun memiliki kelemahannya.

Fakta Singkat :

Jerapah adalah hewan tertingi di dunia, kadang-kadang mencapai ketinggian 5,5 meter, bersama lehernya yang panjang jerapah mempunyai lidah yang sangat panjang, sekitar setengah meter. Ia menggunakannya untuk memetik pucuk-pucuk daun dari tumbuhan berduri.

Penelitian terbaru dari ilmuwan di Universitas Wyoming, AmerikaSerikat dan University of Pretoria di Afrika selatan mengungkapkan alasan mengapa jerapah memiliki leher yang panjang sebenarnya untuk membantu mengatur suhu tubuh mereka.

Leher jerapah tersusun dari tujuh tulang belakang sama seperti manusia.


Bagikan ke WhatsApp

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di Blog Saya, silakan beri komentar Anda di artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai isi artikel. Terima Kasih.

Artikel Populer