BEBERAPA TANDA ANDA LELAH SECARA PSIKIS

 Apakah anda sering menyadari bahwa anda mengalami kelelahan secara psikis? Banyak orang tidak menyadari hal ini, padahal hal ini bisa berakibat jauh lebih berbahaya bahkan bisa menyebabkan sakit secara fisik.

Diantaranya adalah kita sudah beristirahat lama, tidur yang lama…..tetapi masih merasa capek, itu menunjukkan setelah tidur sekian lama berarti anda hanya mengistirahatkan fisik saja tetapi secara psikis tidak beristirahat, tidak tenang dan rileks. Yang berakibat merasa lelah terus-terusan.

Lelah psikis ini terjadi juga akibat terlalu banyak memikirkan masa lalu…tidak move on istilahnya, atau ingin berlari dari kenyataan hidup yang dialami sekarang dan ingin memasuki dunia yang diimpikan, dan selalu menguatirkan masa depan yang terjadi nantinya tidak seperti yang diharapkan.

Tanda yang lainnya adalah sering mengalami mood swing atau mood yang selalu berubah – ubah. Sebentar tertawa dan sebentar mudah sekali menangis, dan seringkali mudah tersinggung. Sering membesarkan hal-hal yang remeh dan tidak terlalu penting, dan malahan membesarkan hal-hal yang besar menjadi masalah yang jauh lebih besar lagi.

Mulai menutup diri adalah juga salah satu tanda adanya lelah psikis, mereka yang mengalami ini menganggap interaksi sosial atau berbicara dan berinteraksi dengan lebih banyak orang hanya akan menambah beban dan tekanan hidup bagi mereka. Orang-orang seperti ini malas berkomunikasi dengan lingkungan sekitar.

Menjalani aktivitas sehari-hari yang itu-itu saja, bisa juga menjadi pemicu lelah secara psikis dan stress, apalagi jika kemudian masalah timbul dari keseharian yang biasanya tanpa masalah tersebut menjadi diluar kebiasaan dan ada konflik didalamnya.

Apakah anda sering melamun? Banyak memikirkan masa lalu, dan kurang bisa menerima keadaan dan apa yang terjadi saat ini, bisa jadi itu salah satu tanda adanya lelah secara psikis.

Selalu malas melakukan kegiatan apapun dan tidak termotivasi, merasa lelah untuk termotivasi, minat untuk melakukan suatu kegiatan yang biasa dan sering dilakukan pun menjadi hilang padahal tersebut telah terbiasa dilakukan sebelumnya.

Tidak sabaran, mudah marah adalah salah satu tanda bahwa anda lelah secra psikis, atau lelah secara mental dan emosional. Tidak bisa berkonsentrasi pada suatu hal.

Tanda lainnya dan paling sering terjadi adalah hilangnya nafsu makan, ini terjadi karena ketidak seimbangan hormon di dalam tubuh yang mengganggu neurotransmitter di semua bagian tubuh termasuk keinginan untuk makan karena adanya rasa lapar.

Pada akhirnya jika anda mnemukan tanda-tanda seperti diatas maka bersegeralah untuk refreshing, atau menceritakan masalah anda ke orang yang tepat dan bisa dipercaya serta bisa membantu mengatasinya.

Dari berbagi sumber

Bagikan ke WhatsApp

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di Blog Saya, silakan beri komentar Anda di artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai isi artikel. Terima Kasih.

Artikel Populer