PERBEDAAN DAN PERSAMAAN SISTEM INFORMASI, INFORMATIKA DAN TEKNIK KOMPUTER

Apa sih bedanya Sistem Informasi, Informatika Dan Teknik Komputer?


Kita sudah sering mendengarkan kata-kata diatas di kehidupan sehari-hari apalagi di jaman yang serba digital ini, tetapi pahamkah anda terdapat beberapa perbedaan mendasar dari ketiganya.
Perbedaan mendasar ketiga disiplin ilmu itu dapat diketahui dari definisi ketiganya.

Sistem Informasi adalah disiplin ilmu yang fokus kepada pengolahan informasi dalam pengembangan proses bisnis agar menjadi suatu sistem yang efektif dan efisien. Disiplin ilmu ini merupakan penghubung antara kebutuhan bisnis dan aplikasi yang harus dirancang dan lulusannya diharapkan dapat merancang sebuah aplikasi.

Sementara itu, Informatika atau programming atau biasa juga disebut Teknik Informatika adalah disiplin ilmu yang fokus kepada pengembangan sistem berbasis komputer dengan segala kemampuan pemrograman, kecerdasan buatan, dan jaringan komputernya.

Teknik Informatika mempelajari ilmu dan teknik yang membahas tentang pengolahan data atau masalah transformasi dengan memanfaatkan teknologi komputer melalui proses-proses logika. Di beberapa Universitas tertentu jurusan ini biasa disebut Jurusan Ilmu Komputer.

Sedangkan Teknik Komputer adalah disiplin ilmu yang mewujudkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mulai dari mendesain, membangun, mengimplementasikan, dan memelihara perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware), jelas Nisfu Asrul Sani, dikutip dan laman resmi ITS.

Sani mengungkapkan perbedaan lain antara ketiga jurusan kuliah ini, yakni pada mata kuliah yang dipelajari.

Sistem Informasi mempelajari sedikit perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Namun, memiliki kelebihan dalam manajemen sistem, yakni dan perancangan, penggunaan serta evaluasi.

Nah, kalau Informatika lebih fokus kepada cara mengoptimalkan kinerja subsistem. “Untuk melakukan optimalisasi dan rekayasa subsistem dibutuhkan kemampuan pemrograman yang kuat,” ujar Sani.

Teknik Komputer sendiri banyak belajar mengenai perangkat lunak dan keras. Karena nantinya, seorang lulusan Teknik Komputer harus mampu menguasai tentang algoritma, konsep pemikiran sebuah aplikasi, teori jaringan, dan lain-lain.

Jurusan Teknik Komputer lebih fokus kepada hardware, namun juga akan dibahas tentang programming yang menggunakan bahasa mesin. Hardware di sini lebih ke arah microcontroller, chip atau processor komputer dan bukan bagaimana merakit sebuah komputer.

Sebagai tambahan untuk membedakannya pula, lulusan dari Teknik Informatika akan mendapat gelar S.Kom, lulusan dari jurusan Ilmu Komputer memiliki gelar S.Inf. Sedangkan sarjana lulusan  Sistem Informasi nantinya akan mendapatkan gelar S.SI.

Bagikan ke WhatsApp

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di Blog Saya, silakan beri komentar Anda di artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai isi artikel. Terima Kasih.

Artikel Populer