Cara Menerapkan Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak


  • Memberikan anak waktu lebih
Luangkan waktu di sela kesibukan Anda demi anak. jika Anda terus mengabaikan mereka, mereka akan kehilangan rasa tanggung jawab dan ketertarikan terhadap studinya.
Luangkan waktu sebanyak mungkin dengan mereka dan diskusikan studi mereka setiap hari., jika bisa. Bicaralah pada mereka cara-cara untuk dapat berkembang di sekolah. Berikan mereka kesadaran akan pentingnya belajar dalam hidup. Dengan begini, anak akan mulai menumbuhkan ketertarikan pada studi mereka.

  • Memberikan anak lingkungan yang mendukung di rumah

Ciptakan lingkungan penuh kasih sayang dengan hubungan yang baik antara seluruh anggota keluarga. Menciptakan lingkungan seperti ini juga merupakan perwujudan dari peran keluarga dalam pendidikan moral anak sekaligus juga cara mendidik anak yang tepat. Anak akan  memahami bahwa studi mereka penting sebagaimana pentingnya menjaga diri serta hubungan keluarga yang baik. Ciptakan lingkungan yang mendukung dan mendidik di rumah Anda.


  • Memberikan anak Anda semangat

Hargai anak baik di saat mereka mendapatkan nilai ujian yang bagus maupun ketika mereka tidak mendapat hasil yang diinginkan karena sesungguhnya mereka telah bekerja keras. Begitu juga sebaliknya. Menyemangati anak jika mereka gagal atau mendapat nilai buruk dalam ujian akan membuat mereka mampu bangkit kembali dan memulai dengan semangat yang baru.

  • Menjalin jaringan dengan guru sekolah anak Anda

Sesekali kunjungi sekolah anak Anda dan tanyakan pada guru yang bersangkutan mengenai studi mereka. Hal ini akan memberikan Anda pengetahuan tentang studi yang sedang mereka jalani di sekolah.

  • Mendiskusikan masalah anak bersama-sama

Anak Anda mungkin saja memiliki halangan dalam proses belajarnya. Tanyakan apakah mereka punya masalah di sekolah termasuk apakah mereka memiliki masalah dalam peran anak dalam keluarga dan cara menerapkannya.

  • Mengawasi aktivitas anak

Amati aktivitas keseharian anak anda dan lihatlah jika mereka mungkin memanfaatkan energi dan waktu mereka untuk kegiatan yang tidak penting. jangan pernah mencurigai apa yang anak Anda lakukan selagi Anda tidak melihat. Sebaliknya berikan mereka pengertian terhadap kewajiban anak di rumah beserta tanggung jawabnya.

  • Meningkatkan kebiasaan belajar anak

Beri anak nasihat tentang bagaimana mereka dapat meningkatkan kebiasaan belajar mereka. Tunjukkan pada mereka beberapa tips belajar yang baik dan cara menyiapkan diri untuk ujian. Hindarkan anak dari aktivitas-aktivitas tidak berguna. Selanjutnya semakin anak dewasa, mereka akan mendapat kemudahan-kemudahan dalam belajar secara formal.

  • Menyeimbangkan sikap ketika menasihati anak

Anda harus tetap menyeimbangkan antara perasaan kasih sayang Anda dengan ketegasan Anda pada anak., tetapi anda terlebih dahulu harus mengetahui bagaimana cara meredam emosi diri.

  • Menjadi orang tua yang kreatif

Kemajuan teknologi saat ini telah menyediakan banyak cara baru bagi anak Anda belajar. Manfaatkan website-website berkualitas yang menawarkan tugas-tugas latihan untuk sekolah atau aktivitas yang berkaitan dengan topik yang sedang anak Anda pelajari di sekolah.

  • Kombinasikan minat anak dengan mata pelajaran yang sedang anak pelajari

Temukan minat anak dan bagaimana Anda dapat mengombinasikannya dengan anak. Percobaan ini akan membuat anak tidak hanya lebih semangat dalam pendidikan namun juga membuat mereka berprestasi dalam sisi akademis dan dalam hobi yang sangat mereka sukai

Bagikan ke WhatsApp

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di Blog Saya, silakan beri komentar Anda di artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai isi artikel. Terima Kasih.

Artikel Populer