Adakah Hubungan Bernyanyi Dengan Kesehatan ?

Pastilah kita semua pernah melakukan kegiatan yang satu ini, bernyanyi, iya kan ? Entah itu di tempat umum ataupun cuma bernyanyi-nyanyi kecil atau bahkan jadi artis yang sedang konser di kamar mandi… Bernyanyi juga merupakan media yang efektif untuk mengekspresikan apa yang sedang dirasakan seseorang.



Saat sedang sedih atau galau, biasanya kita lebih suka menikmati dan menyanyikan lagu-lagu yang mewakili perasaan sedih tersebut. Begitu pula sebaliknya, saat sedang ceria dan gembira, orang cenderung enggan menikmati dan menyanyikan lagu-lagu sedih karena merasa tidak sesuai dengan apa yang dirasakannya saat itu..

Padahal sebenarnya bernyanyi itu banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Diantaranya :

Meningkatkan kadar oksigen dalam darah.
Saat bernyanyi, kita cenderung menghirup lebih banyak oksigen yang baik untuk pernapasan. Pernapasan dalam yang dilakukan saat bernyanyi dapat meningkatkan kadar oksigen di dalam darah, sama seperti saat sedang melakukan aerobik. Selain itu, bernyanyi juga dapat memperlancar peredaran darah di tubuh Anda.

Menguatkan otot leher, tenggorokan, rahang dan wajah.

Menguatkan dan meremajakan otot sekitar perut (diafragma) dan tulang rusuk.

Meningkatkan energi
Saat Anda bernyanyi, maka tubuh Anda akan melepaskan hormon endorfin yang bisa membuat Anda lebih bersemangat dan berenergi.

Menyehatkan paru-paru,
Bernyanyi mampu menyehatkan dan menguatkan paru-paru Anda sebab terjadi kontraksi otot.

Menjaga suara tetap ceria
Bernyanyi merupakan cara yang baik untuk latihan pita suara dan menjaga suara agar tetap nyaring dan jernih

Memperbaiki postur tubuh
Saat bernyanyi, maka postur tubuh Anda akan tertata. Punggung dan bahu menjadi lurus yang berdampak pada perbaikan postur tubuh.

Menyehatkan otot wajah dan membuat tampak awet muda
Selain menguatkan otot perut, bernyanyi juga membantu Anda untuk menguatkan otot wajah yang pada gilirannya akan membuat wajah Anda terlihat awet muda.

Membersihkan saluran pernapasan
Aliran udara yang meningkat pada saluran pernapasan bagian atas ketika kita bernyanyi akan menurunkan kemungkinan bakteri untuk berkembang di sana sehingga saluran pernapasan akan menjadi lebih bersih dan sehat. Bernyanyi mampu merangsang kesehatan tiroid sehingga secara tidak langsung mampu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.

Meningkatkan tingkat kewaspadaan
Ini terjadi akibat meningkatnya aliran oksigen yang lebih lancar ke seluruh tubuh.

Mempengaruhi kecerdasan.
Ketika bernyanyi, otak kanan akan bekerja. Kemudian, jaringan di otak pun juga akan bekerja Menyanyikan lagu dengan tempo yang cepat bisa melatih kemampuan motorik dan koordinasi tubuhmu. Sehingga meningkatkan kemampuan otak.dengan cara yang lebih beragam, yang berpengaruh terhadap kecerdasan.

Meningkatkan imunitas tubuh
saat bernyanyi, sirkulasi darah dalam tubuh Anda meningkat maka akan terjadi oksidasi sel karena proses ini. Hasilnya imunoglobulin A dan sel T dalam tubuh yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi ringan akan meningkat dan menurunkan resiko terserang berbagai penyakit.

Menyembuhkan insomnia
Anda sering merasa sebal karena insomnia tak kunjung sembuh? Cobalah untuk bernyanyi. Stres yang hilang karena bernyanyi akan membuat Anda segera memejamkan mata.

Mengurangi Dengkuran
Ini bisa terjadi karena otot laring bisa terangsang dengan bernyanyi yang mengakibatkan dengkuran berkurang saat tidur.

Meningkatkan fungsi neurologis (saraf)
Bernyanyi juga bermanfaat sebagai terapi. Terapi apa saja?

1. Menyanyikan vokal a pendek misalnya ahh selama 2 – 3 menit dapat membantu mengusir kegundahan. Menyanyi akan melepaskan oksigen keseluruh tubuh, melepaskan hormon endorfin yang bisa memperbaiki mood.

2. Menyanyikan vokal (suara) e panjang dapat menstimulasi kelenjar pineal, kelenjar yang mengontrol jam biologis tubuh manusia dan dapat meningkatkan kewaspadaan.

3. Menyanyikan suara e pendek dapat menstimulasi kelenjar tiroid yang dapat mensekresi hormon yang mengatur kecepatan sistem pencernaan dan sistem lain dalam tubuh.

4. Menyanyikan suara o panjang di lautan dapat menstimulasi pankreas yang mengatur gula darah. Hal ini berarti menyanyi juga dapat menurunkan kadar gula darah.

5. Menyanyikan suara double O (O dua kali) dapat memperkuat imunitas dan mengaktifkan limpa yang mengatur produksi sel darah putih.

Memperbaiki system metabolisme tubuh
Bernyanyi mampu merangsang kesehatan tiroid sehingga secara tidak langsung mampu memperbaiki sistem metabolisme tubuhmu.

Menghilangkan rasa sakit
Hal ini disebabkan karena bernyanyi menurunkan kegiatan hormon kortisol yang bertanggung jawab terhadap stress dan sebaliknya melepaskan hormone oksitosin yang dapat meredakan rasa cemas dan stress dalam diri, dan pada saat ynag bersamaan juga melepaskan hormone endorphin yang dapat memperbaiki mood. Ternyata bernyanyi yang dilakukan secara rutin pun dapat meredakan rasa nyeri pada tubuh seseorang.
Bernyanyi sering dianggap sebagai pembunuh rasa sakit yang kamu alami sebab mampu menenangkan jiwa dan membantumu dalam mengatasi rasa sedih maupun depresi serta melepaskan emosi yang selama ini kamu pendam.

Menghilangkan stress
Ini bisa saja terjadi karena bernyanyi bisa menenangkan mentalmu yang sedang kacau maka bernyanyi sering dianggap sebagai obat stres yang paling efisien.

Tuh kan ? banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari bernyanyi entah itu Cuma mendehem atau bernyanyi bak artis professional jadi..tunggu apa lagi.....yuk nyanyi….

Bagikan ke WhatsApp

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di Blog Saya, silakan beri komentar Anda di artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai isi artikel. Terima Kasih.

Artikel Populer