APA SEBAB KENTUT BERBAU ?

Flatulensi atau kentut adalah keluarnya gas melalui anus atau dubur akibat akumulasi gas di dalam perut, (terutama dari usus besar atau kolon). Peristiwa ini sering disebut juga buang angin. Kentut biasanya ditandai dengan rasa mules di perut.

Menurut laporan Washington Post, Ahli Gastroenterologi, Michael Lexitt yang telah melakukan penelitian tentang itu sejak tahun 1970 an, melaporkan bahwa kentut wanita rata-rata lebih berbau dan lebih buruk daripada laki-laki. Ini dikarenakan kentut mereka mengandung kadar hydrogen sulfida yang lebih tinggi karena para wanita biasanya melakukan diet sehat.


Makanan sehat seperti brokoli dan kacang polong menghasilkan gas hydrogen sulfida yang baunya mirip bau telur busuk. Gas-gas lain yang biasa ditemukan juga dalam kentut termasuk methanetiol yang digambarkan seperti bau sayuran yang membusuk dan dimetil sulfida yang berbau harum.

Penyebab lain kentut bau adalah kacang-kacangan dan anggur yang keduanya kaya akan sulfur, selain itu makanan seperti daging merah yang menumpuk di usus besar juga dapat memengaruhi aroma gas.

Sayuran lainnya seperti lobak, sawi, nangka, kol, ubi jalar, dan minuman bersoda.dapat memicu anda sering mengeluarkan kentut.


Sebab kentut berbau, makanan sehat cenderung menyebabkan kentut berbau karena banyak mengandung protein yang menghasilkan gas penyebab kentut berbau.

Anda juga dianjurkan untuk selalu melepaskan kentut karena menahannya hanya akan menambah masalah anda. Ketika kentut ditahan, gas dapat terserap ke dinding usus, mentyebabkan kembung, nyeri dan sembelit.

Rata- rata produksi kentut sebanyak setengah liter sehari dalam 14 kali kentut

Kentut bersifat asam karena mengandung karbondioksida dan Hidrogen sulfide (H2S)

Kentut hewan seperti Anjing dan kucing lebih berbau karena kedua jenis hewan ini termasuk karnivora atau pemakan daging. Daging kaya akan protein yang mengandung banyak sulfur, jadi bau kentut binatang ini jauh lebih busuk daripada hewan herbivora seperti sapi, Kuda dan Kerbau. Hewan herbivora ini memproduksi kentut lebih banyak dan lebih lama, lebih keras bunyinya tetapi relatif tidak berbau.

Jika ditahan, kentut bukan diabsorbsi darah , bukan pula hilang karena bocor, tetapi bermigrasi ke bagian atas menjadi usus dan akhirnya akan keluar juga,

jadi..biarkan saja sang kentut menunjukkan eksistensinya guys...hehehe....


Bagikan ke WhatsApp


No comments:

Post a Comment

Selamat datang di Blog Saya, silakan beri komentar Anda di artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai isi artikel. Terima Kasih.

Artikel Populer