Aliran Progressivisme Dalam Filsafat Pendidikan Kejuruan

Aliran Progressivisme Dalam Filsafat Pendidikan Kejuruan

Aliran Progressivisme ini  merupakan bangunan filsafat atau aliran filsafat yang berpendapat bahwa pengetahuan yang benar pada masa kini mungkin tidak benar di masa mendatang.

Pendidikan harus terpusat pada anak bukannya memfokuskan pada guru atau bidang muatan. Dalam pandangan Progresivisme, manusia harus selalu maju (progress) bertindak konstruktif, inovatif, reformatif, aktif dan dinamis. Sebab manusia mempunyai naluri selalu menginginkan perubahan-perubahan.

Asas progressivisme dalam belajar bertitik tolak dari asumsi bahwa anak didik bukan manusia kecil, melainkan manusia seutuhnya yang mempunyai potensi untuk berkembang, yang berbeda kemampuannya, aktif, kreatif, dan dinamis serta punya motivasi untuk memenuhi kebutuhannya.

Filsafat progressivisme menunjukkan dengan konsep dasarnya sejenis kurikulum yang program pengajarannya dapat memengaruhi anak belajar secara edukatif, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.


Dalam hal ini, tentunya dibutuhkan sekolah yang baik dan kurikulum yang baik pula (Barnadib (dalam Jaluluddin dan Idi : 2011 : 90)).Jaluluddin dan Idi (2011 : 93) menyatakan bahwa Melalui proses pendidikan dengan menggunakan kurikulum yang bersifat integrated kurikulum (masalah-masalah dalam masyarakat disusun terintegrasi) dengan metode pendidikan belajar sambil berbuat (learning by doing) dan metode problem solving (pemecahan masalah) diharapkan anak didik menjadi maju (progress) mempunyai kecakapan praktis dan dapat memecahkan problem sosial sehari-hari dengan baik.

Bagikan ke WhatsApp

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di Blog Saya, silakan beri komentar Anda di artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai isi artikel. Terima Kasih.

Artikel Populer