BAGAIMANA DAN MENGAPA KITA BERMIMPI KETIKA SEDANG TIDUR

BAGAIMANA DAN MENGAPA KITA BERMIMPI KETIKA SEDANG TIDUR ?



Sampai tahun 1952, tidak seorang pun tahu apa yang terjadi secara fisik dalam otak yang bermimpi. Kebanyakan ilmuwan mengira seperti orang yang tidur. Otak juga tenang dan tidak aktif selama tidur.

Kemudian seorang mahasiswa pasca sarjana Chicago, Eugene Aserinsky, menggunakan elektroensefalograf (EEG) untuk  “mendengarkan” otak putranya yang berumur 8 tahun saat tidur. (EEG mendeteksi arus listrik kecil yang dihasilkan otak yang sedang bekerja. Dan mencatat pola Iistrik secara bergelombang di atas gulungan kertas.)


Apa yang ia temukan adalah kejutan. Setiap beberapa jam, saat anak itu tidur, pena EEG mendadak bergerak zigzag gila-gilaan di atas kertas. Sementara menyentak bolak-balik di balik kelopak mata yang tertutup. Akhirnya, Aserinsky membangunkan anaknya di salah satu interval anak itu, dan si anak memberi tahu ayahnya ia sedang bermimpi.

Aserinsky telah menemukan tidur rapid eye movement (gerakan mata cepat), atau tidur REM, periode di mana kebanyakan mimpi terjadi. (Ketika kucing atau anjingmu tidur, dan matanya mulai berkedut di bawah kelopaknya, hewan kesayanganmu mungkin sedang bermimpi,  Kadang salah satu kakinya juga berkedut, dan anjing bisa menyalak pelan atau menggeram dalam tidur.)

Antara periode tidur REM, gelombang listrik lambat dan rata, seperti yang mungkin kamu perkirakan pada otak yang tidur. Tetapi dalam tidur REM, dalam mimpi, pola listrik luar biasa serupa dengan orang yang terjaga.
Namun seperti kita semua ketahui, mimpi sangat berbeda dengan kehidupan sadar.  Mimpi buruk dipenuhi hantu dan monster.  Dan bahkan dalam mimpi, kamu mungkin melihat uang logam berjatuhan ke tanah.  Tetapi ketika kamu mencoba memungutnya, kamu menemukan itu sudah berubah menjadi batu kali yang tidak bernilai.
        Mimpi sepertinya memiliki struktur aneh yang melompat-lompat.  Saat terbangun, kita mungkin bingung apa hubungan yang satu dengan yang lain.  Namun dalam mimpi, kelihatannya semua secara aneh masuk akal. Martin Seligman, seorang psikolog eksperimental di Universitas Pennsylvania, telah mengembangkan teori mengapa ini terjadi, dan bagaimana itu mungkin dapat menjelaskan apa kegunaan mimpi.
Menurut Seligman, semburan listrik di otak saat mimpi menyebabkan citra muncul dalam mimpi. Semburan baru menghasilkan citra baru, dan begitu seterusnya, selama 10 sampai 30 menit dalam mimpi yang umum.  Citra pertama mungkin pohon raksasa, kedua, rumah tua. Pikiran, dalam usaha memahami apa yang tidak masuk akal, menjalin setiap citra baru yang aneh ke dalam “kisah." Kisah itu dapat menyenangkan, menyedihkan, atau menakutkan, tergantung pada keadaan emosional sang pemimpi. 

Proses menyusun semua dan segala macam menjadi kisah yang bercerita juga bekerja ketika rangsangan datang dari luar tubuh.  ]am weker di meja sebelah ranjang berdering. Langsung dalam mimpimu, ada lonceng berdering, sudah waktunya membereskan  buku, karena jam pelajaran sudah berakhir. Dengan suatu cara, otak mampu dengan cepat mencocokkan bunyi dan sensasi dari Iuar ke dalam cerita.

Selama bertahun-tahun, para ilmuwan yang mempelajari orang tidur di laboratorium telah belajar makin banyak tentang bagaimana kita bermimpi. Tetapi mengapa kita bermimpi masih belum diketahui. Namun Seligman berpendapat teori struktur mimpi “memberi petunjuk mengapa kita bermimpi.” Mungkin mimpi memberi kita, dan hewan lain yang bermimpi, latihan umuk memahami dunia.  Setiap hari kita harus  memilah dan menerjemahkan kejadian dan emosi, dan kita harus menyusun kisah hidup kita. Dan setiap malam kita berlatih.


Ini dapat menjelaskan, kata Seligman, mengapa bayi menghabiskan begitu banyak waktu dihari-harinya untuk tidur dan bermimpi. Mereka mungkin mempelajari keterampilan yang dibutuhkan untuk memahami dunia baru yang luas, penuh dengan citra, gagasan, dan perasaan.

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di Blog Saya, silakan beri komentar Anda di artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai isi artikel. Terima Kasih.

Artikel Populer