APA ITU DIABETES TIPE 1


Diabetes atau sakit gula adalah ketidakmampuan tubuh untuk mengontrol kadar gula dalam  darah. Diabetes terjadi ketika tubuh Anda bermasalah dengan insulin, hormon yang membantu mengubah gula dari makanan menjadi energi.
Ketika insulin dalam tubuh tidak cukup, gula menumpuk dalam darah dan dapat membuat Anda sakit. Orang-orang dengan diabetes tipe 1 dan tipe 2 keduanya menghadapi masalah ini.

Bagi para penderita diabetes tipe 1, tubuhnya tidak memroduksi insulin sama sekali. Itu karena tipe 1 merupakan penyakit autoimun, di mana sistem kekebalan tubuh Anda menyerang dan menghancurkan sel-sel pembuat insulin di pankreas.


Yang menyebabkan konsumsi insulin merupakan suatu keharusan bagi para pengidap diabetes tipe 1. Karena orang dengan tipe 1 tidak dapat memproduksi insulin sendiri, mereka harus melakukan injeksi insulin rutin, Pena Insulin atau memakai pompa insulin yang melekat pada tubuh. Tanpa insulin, hidup mereka akan berakhir.
Belum ada penelitian yang bisa membuktikan penyebab terjadinya hal ini, tetapi faktor genetik atau keturunan bisa jadi berperan utama dalam hal ini. Diabetes tipe 1 susah diprediksi dan dicegah, sebab merupakan kelainan genetik yang dibawa sejak lahir.
Tipe 1 biasanya terdiagnosis pada anak-anak, dan mereka yang berumur di bawah 20 tahun, dan umumnya memiliki tubuh berperawakan kurus.


Baca Juga :
APA ITU DIABETES TIPE 2

Banyak orang berpikir, bahwa diabetes tipe 1 merupakan jenis "berbahaya" dan diabetes tipe 2 hanyalah “kehilangan rasa nyaman”.
Gula darah rendah lebih umum terjadi pada diabetes tipe 1. Gula darah tinggi berbahaya, tetapi gula darah sangat rendah (hipoglikemia) dapat menyebabkan tubuh lemah, pusing, berkeringat dan gemetar.
Dalam kasus yang parah, hal ini dapat membuat penderitanya pingsan dan bahkan mengancam nyawa.
Oleh karena 8tu perlu hati-hati dalam menghitung seberapa banyak insulin yang harus dikonsumsi (melalui suntikan atau pompa) berdasarkan asupan makanan dan tingkat aktivitas.
Hal ini memang tidak selalu mudah, mengonsumsi lebih banyak insulin dari yang Anda perlukan dapat membuat tingkat gula darah menurun.
Walaupun olahraga menyehatkan, tetapi juga dapat menyebabkan gula darah menjadi rendah. Jika ini terjadi, Anda perlu segera melakukan sesuatu untuk meningkatkan kadar gula darah Anda dengan cepat. 

Misalnya segera meminum segelas jus, sirop, makan beberapa permen atau  konsumsi tablet atau gel yang mengandung glukosa.  
Diabetes tipe 1 dan 2 juga dibedakan berdasarkan penyebabnya. Diabetes tipe 1 disebabkan oleh kerusakan pankreas sehingga produksi insulin berkurang, sementara tipe 2 disebabkan oleh resistensi insulin dalam arti insulinnya cukup tetapi tidak bekerja dengan baik dalam mengontrol kadar gula darah.

Karena penyebabnya berbeda, pengobatan kedua tipe diabetes ini juga tidak sama. Pengidap diabetes tipe 1 membutuhkan insulin dalam bentuk suntikan maupun pompa insulin sedangkan pasien diabetes tipe 2 cukup mengonsumsi obat oral atau obat telan..

Dilihat dari perbandingan jumlah kasus, diabetes tipe 1 mencakup 10-15 persen dari jumlah seluruh pengidap diabetes, sedangkan jumlah kasus diabetes tipe 2 terutama di negara maju dan berkembang mencapai 85-90 persen dari seluruh pengidap diabetes semua tipe

Bagikan ke WhatsApp

No comments:

Post a Comment

Selamat datang di Blog Saya, silakan beri komentar Anda di artikel ini, berkomentarlah yang sopan dan sesuai isi artikel. Terima Kasih.

Artikel Populer